Menyediakan artikel tentang ilmu bahasa Arab

Menyediakan artikel tentang ilmu bahasa Arab

Responsive Ads Here

Jumat, 02 Februari 2018

KUNCI AGAR MUDAH BELAJAR BERBAHASA ARAB

Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh





Menurut saya pribadi belajar bahasa Arab merupakan kebanggaan tersendiri. Karena selain bahasa Arab merupakan bahasa yang digunkan dalam Al qur’an dan sudah menjadi identitas bagi agama Islam, bahasa Arab juga ternyata merupakan bahasa tertua sekaligus bahasa internasional yang dituturkan oleh banyak orang khususnya di Timur Tengah dan negara-negara Afrika.

Konon bahasa Arab termasuk rumpun bahasa Semit dan merupakan salah satu bahasa tertua yang masih bertahan sejak hari ini. Atau bahkan ada yang mengatakan juga bahwa bahasa Arab merupakan nenek moyangnya semua bahasa.

Tapi pada artikel ini kita tidak akan bicara terlalu luas tentang keutamaan bahasa Arab. Saya anggap anda yang membaca artikel ini sudah tahu sekali tentang keutamaan bahasa Arab. Jadi sekarang kita hanya akan focus membahas Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula.....


Pengaruh Arab pada bahasa lain

Seperti pada bahasa Eropa lain, banyak kata Inggris diserap dari bahasa Arab, pada umumnya melalui bahasa Eropa lainnya, terutama dari Spanyol dan Italia, diantaranya adalah kosakata yang digunakan sehari-hari seperti "gula" (sukkar), "kapas" (quṭn) atau "majalah" (makhzen). Kata-kata lain yang sangat terkenal misalnya "aljabar", "alkohol" dan "zenith".

Pengaruh Arab paling mendalam pada negara-negara yang dikuasai oleh islam. Arab adalah sumber kosakata utama untuk bahasa yang berbagai seperti bahasa Berber, Kurdi, Persia, Swahili, Urdu, Hindi,
Turki, Melayu, dan Indonesia, baik juga seperti bahasa lain di negara di mana bahasa ini adalah dituturkan. Contohnya perkataan Arab untuk buku /kita:b/ digunakan dalam semua bahasa di atas, kecuali pada bahasa Melayu dan Indonesia (secara spesifik yang dimaksudkan adalah "buku agama").Dan Bahasa Indonesia mungkin 80% mengandung bahasa Arab seperti kata Sholat,Syariat,Syukur,Televisi,dll
sumber: wikipedia

Berikutnya firman Allah ta'ala ..!

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya (al-Qur’an) dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf [12]: 2)


Sudah jelas ya kenapa bahasa arab itu gak pernah hilang....Karena sudah dijanjikan bahwa semua perangkat yang ada di Alqur'an gak akan pernah hilang sampai hari kiamat....

Anda disini gak boleh anti yang namanya bahasa arab seperti jaman sekarang,jaman sekarang itu kalau udah ngucapin bahasa Arab pasti dibilangin KEARAB-ARAPAN...yang tentu pasti ye hehe..Coba kita lihat Alqur'an bahasa arab,Hadist bahasa arab,Sholat memakai bahasa arab,jadi apa alasan kita lagi untuk ANTI sama yang namanya Bahasa Arab...

Umar bin Khattab ra.
أَحْرِصُوْا عَليَ تَعَلُّمِ الُّلغَةِ الْعَرَبِيَّةِ فَإِنَّهَا جُزْءٌ مِنْ دِيْنِكُمْ
“Hendaklah kamu sekalian tamak (keranjingan) mempelajari bahasa Arab karena bahasa Arab itu merupakan bahagian dari agamamu”.

sudah jelas kan...

JADI KITA LANGSUNG SAJA,BEBERAPA KUNCI AGAR MUDAH BELAJAR BAHASA ARAB

1. Adab dalam menuntut ilmu.

Tentang adab menutut ilmu. Silakan baca kembali. Kali ini saya Cuma ingin mempertegas tentang pentingnya KEINGINAN KUAT & KESUNGGUHAN dalam belajar bahasa Arab. Sebab, seorang yang punya keinginan kuat dan kesungguhan dalam belajar, dia tentu akan mengerahkan segala cara agar bisa bahasa Arab. Misalnya dengan membeli buku-buku, bertanya, membeli kamus, searching internet, dll. Berbeda dengan orang yang tidak punya keinginan kuat dan kesungguhan.

2. Cara belajar yang efektif.

Mungkinkah seseorang bisa cepat menguasai bahasa Arab jika dia Cuma belajar seminggu sekali. Wallohu a’lam. Sepertinya sangat sulit. Mungkin saja dia bisa bahasa Arab, tapi waktunya sangat lama.Kalau pingin cepat, ya dia harus belajar setiap hari. Dia harus meluangkan waktu minimal satu jam sehari. Kalau bisa lebih, itu lebih bagus giat lagi,

3. Memilih buku panduan yang tepat.

Buku yang tepat Terkadang ada orang yang sudah hampir 2 tahun belajar bahasa Arab. Namun, dia belum juga bisa mengerti kaidah dasar bahasa Arab. Apa penyebabnya? Diantaranya karena salah dalam memilih buku panduan. Mestinya dia menggunakan buku yang membahas kaidah secara runtut, namun dia malah menggunakan buku yang isinya lebih mengedepankan percakapan dan memperbanyak kosa kata.
Untuk mereka yang baru pertama kali belajar bahasa Arab dan pingin belajar sendiri di rumah, tentu saja butuh buku yang bisa dipahami sendiri. Dan Asalah satu buku yang tepat adalah FAHIMNA. Kitab ini memang sengaja disusun untuk bisa dipelajari sendiri oleh orang Indonesia yang baru pertama kali mengenal bahasa Arab dan ingin menguasainya. 

4. Mencari guru pembimbing

Mungkinkah seseorang bisa menguasai bahasa Arab sendiri dengan membaca sendiri buku-buku kaidah bahasa Arab di rumah, tanpa sedikitpun bertanya dan minta penjelasan dari orang lain? Entahlah. Sepertinya, menurut saya, seseorang tetap butuh adanya pendamping belajar yang bisa membantu dia ketika mendapatkan kesulitan dalam belajar. Sebab dalam pelajaran bahasa Arab, ada beberapa materi yang memang butuh adanya penjelasan dari orang yang sudah bisa. Sangat sulit untuk dipelajari sendiri.
Oleh karena itu, usahkanlah untuk mencari pendamping dalam belajar. Siapa saja orangnya, yang penting dia bisa memberi penjelasan ketika dibutuhkan. Misalnya ustadz di pesantren, di tempat pengajian, redaksi majalah Islam, dll.
Bagi Anda yang belajar bahasa Arab menggunakan KITAB FAHIMNA, insya Allah saya siap membantu jika Anda menemukan pembahasan yang menurut Anda sulit di dalam KITAB FAHIMNA.

5.Jangan malas atau Futur dalam bahasa arab

Penyakit malas biasanya sering datang saat petengahan pembelajaran..dan berikut beberapa faktor malas belajar bahasa arab: 
- kurang menghafal kosa kata
- terlalu bingung dalam memahami
- melompat pembelajaran sehingga susah dimengerti
- memaksa diri
- tidak memperaktekannya kepada orang lain saat berbicara
- dll 

dan agar tidak terkena faktor diatas tersebut coba anda perhatikan tangga jika anda menaikinya satu persatu anak tangga maka akan mudah dan sebaliknya jika menaikinya melompati dua anak tangga sekaligus maka akan memerlukan tenaga yang ekstra..Begitu juga seperti hal nya bahasa arab,mempelajarinya harus butuh proses juga.

6.Jangan telalu banyak bertanya kepada guru pembimbing

Dengarkan saja pelajaran yang diberi oleh seorang pembimbing,jangan banyak bertanya,karena yang anda tanya itu mungkin belum masuk ke level bahasa arab yang anda pelajari.dan anda bisa bingung dengan Materi yang diberikan nantinya
usahakan belajar seperti anak bayi yang pertama sekali yaitu mendengar dan mengikuti

Sekian dari postingan saya Asslamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




5 komentar:

Script